DAFTAR KEJUARAAN BULUTANGKIS ANAK

19 Agt 2014

Audisi Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2014

Audisi Umum Atlet PB Djarum Kembali Dibuka.

Djarum Foundation akan melibatkan legenda bulu tangkis Indonesia di masa lampau dalam  Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis di Kudus pada 5-7 September 2014. Menurut manajer tim PB Djarum, Fung Permadi, pola rekreutmen memang sudah berbeda dengan masa lalu. "Kini bakat-bakat terpendam itu mungkin saja ada di daerah-daerah terpencil. Nah untuk mendapatkannya, kita harus mengundang atau memancing mereka untuk berani memperlihatkan kemampuan," kata Fung  yang merupakan mantan pemain nasional. Pola rekrutmen yang sudah berlangsung selama ini sudah tepat, namun perlu penajaman terutama dalam pengamatan pemain-pemain yang berbakat. Kita tidak bisa menciptakan pemain yang bagus dalam sekejap. Perlu tahapan beberapa tahun.

PB Djarum sejak dini telah menanamkan visi kepada seluruh atlitnya, agar mereka tidak mencetak keberhasilan di arena pertandingan saja, tapi juga mencetak keberhasilan di bangku sekolah.
Membagi kegiatan antara latihan bulutangkis dengan sekolah, memang bukan tugas yang mudah bagi para atlit PB Djarum, terlebih lagi mereka-mereka ini yang kebanyakan masih duduk di bangku sekolah seperti SD, SMP, dan SMA. Namun, untuk menyelaraskan dua kegiatan tersebut, PB Djarum mengambil langkah bekerjasama dengan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud). Sehingga, kegiatan antara latihan bulutangkis dengan sekolah yang dijalani oleh para atlit bisa berjalan baik, dan tidak mengganggu satu sama lain.
Kerjasama yang dilakukan antara PB Djarum dengan Depdikbud adalah dengan pemberian dispensasi waktu di sekolah untuk para atlit. Atlit diberikan ijin untuk memulai waktu belajarnya di sekolah tidak seperti siswa lain pada umumnya. Mereka juga diberi kemudahan memperoleh ijin meninggalkan sekolah pada saat mereka harus mengikuti kejuaraan.
Selama ini sekolah-sekolah yang sudah diajak bekerjasama oleh PB Djarum guna mendukung kemampuan akademis para atlitnya yang berasal dari segala jenjang pendidikan tersebut adalah SD Barongan II, SLTP Taman Dewasa, dan SLTA Keluarga.
“Atlit harus berusaha keras, jika tak ada usaha maka tak ada pula gelar juara yang datang dengan mudah” ( CEO PT. Djarum, Budi Hartono).
Ungkapan di atas ada benarnya, lebih lagi bagi mereka para atlit yang ikut tergabung di pelatihan klub PB Djarum. Maka untuk bergabung di klub PB Djarum menjadi atlit, sebelumnya para calon atlit diwajibkan mengikuti tahapan seleksi.
Seleksi awal untuk para calon atlit yang akan dibina meliputi faktor umur, tinggi badan, bakat, kemampuan intelektual, keseimbangan psikologisnya, kemampuan teknik dasar, serta sampai sejauh mana dukungan yang diperoleh dari orang tua.
Bila lolos seleksi awal, maka para calon atlit ini sudah bisa diputuskan untuk mengikuti kegiatan pelatihan di klub PB Djarum. Setelah itu, untuk setiap tahunnya akan dilakukan seleksi kelanjutan, seperti dalam hal kemampuan bertanding. Apabila kemampuan bertanding dari atlit bersangkutan tidak pernah meningkat, maka dengan berat hati PB Djarum akan memulangkannya.
Hal diatas dilakukan mengingat PB Djarum memberlakukan sistem promosi-degradasi dalam tahapan pelatihan para calon-calon atlitnya.
Sistem demikian dianut oleh PB Djarum, karena untuk meningkatkan iklim kompetitif di kalangan atlit. Sehingga dengan kegagalannya, atlit bisa diberi kesempatan untuk memperbaiki diri ataupun mengembangkan karirnya di bidang lain. Sedangkan mengenai pemulangan atlit, PB Djarum juga telah menetapkan klausalnya secara tertulis, sehingga setiap orang tua atlit di PB Djarum juga akan mengetahui hal tersebut dari awal.
Pendaftaran program Audisi Umum dapat dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran secara online melalui web PB Djarum (www.pbdjarum.org) atau formulir dapat didownload dan dikirimkan melaui surat, fax, email maupun dibawa secara langsung ke GOR PB Djarum, Jati, Kudus. (Pendaftaran sampai dengan penerimaan atlet tidak dipungut biaya apapun).
Jadwal Pelaksanaan Audisi Umum pukul 08.00 WIB s/d selesai
o Penjelasan umum kepada para peserta audisi.
o Tes Tahap 1:
Peserta akan diberikan waktu bermain bulutangkis selama 10-15 menit. Tujuan tes tahap 1 adalah untuk mengetahui teknik dasar bermain bulutangkis dengan postur tubuh calon atlet tersebut. Bila lolos tahap 1 akan maju ke tahap 2. (Pengumuman dilakukan satu jam setelah proses tes tahap 1 selesai).
o Tes Tahap 2 :
Peserta akan diberikan waktu bermain bulutangkis selama 20 menit. Tujuan tes tahap 2 sama seperti dalam tahap 1 ditambah dengan pukulan- pukulan yang bisa mengontrol lawan atau bisa menyulitkan lawan. Bila lolos tahap 2 akan maju ke tahap 3 (Pengumuman dilakukan satu jam setelah proses tes tahap 2 selesai).
o Tes Tahap 3 :
Peserta akan bermain bulutangkis penuh sebanyak 2 kali dengan lawan berbeda. Tujuannya sama seperti tahap 1 dan 2 ditambah bagaimana daya juang peserta di lapangan, penerapan strategi bertanding, dan cara mengatasi kesulitan di lapangan.
o Tes Tahap 4 :
Semua peserta yang lolos pada tes tahap 3 akan melanjutkan ke tes tahap 4 yaitu tes fisik.
o Pengumuman hasil final tes tahap 3 dan 4 akan dilakukan satu jam setelah tahap ini selesai.
o Bagi peserta yang lolos akan masuk ke tahap karantina selama seminggu.
o Selama dalam masa karantina, PB Djarum menanggung akomodasi dan konsumsi. Peserta diwajibkan mengikuti segala tata tertib peraturan yang ditetapkan oleh PB Djarum.
o Pengumuman hasil tahap karantina dikirim melalui telepon/email/surat paling lambat seminggu setelah selesainya tahap karantina ini.
Syarat Pendaftaran Audisi Umum :
• WNI (Warga Negara Indonesia) Usia 10 tahun s/d 15 tahun (putra / putri), diprioritaskan untuk usia 12 s/d 13 tahun.
• Telah mengisi formulir pendaftaran.
• Wajib memiliki teknik dasar bermain bulutangkis
• Sehari sebelum Audisi Umum Atlet PB Djarum dimulai diwajibkan untuk melakukan daftar ulang untuk mendapatkan nomor peserta.
• Biaya akomodasi ditanggung oleh atlet sendiri / orangtua / pendamping.
• Tanpa dipungut biaya pendaftaran.
Berkas Pendaftaran Yang Harus Disertakan :
• Foto copy akte kelahiran.
• Foto copy Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) SD.
• Foto copy Raport SD
• Foto berwarna 4 x 6 (1 lembar).
Peserta/atlet akan mendapatkan nomor pendaftaran .
Tempat Audisi Umum Atlet PB Djarum
GOR Bulutangkis Djarum, Jati-Kudus
Jl. Raya Kudus - Purwodadi KM 0,3
(Depan Rumah Sakit Mardi Rahayu) - Kudus
Telepon : 0291 - 430 237
Fax : 0291 - 437 058
Email : recruitment@pbdjarum.org
Kontak : Eddy Prayitno, Yudi Yudono
Sumber: www.pbdjarum.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar