DAFTAR KEJUARAAN BULUTANGKIS ANAK

10 Jun 2012

Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis Djarum


Beasiswa bulutangkis masih diminati oleh bibit pemain berusia 12 - 15 tahun, terbukti masih banyak peserta yang ingin mendapat kesempatan mengikuti Beasiswa Bulutangkis yang diadakan oleh PB Djarum Kudus. Sekitar 1000 peserta dari Sabang sampai Merauke mengikuti Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis Djarum 2012 yang diadakan di GOR Bulutangkis Djarum Djati, Kudus.

Untuk Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis Djarum 2013 sudah dibuka pendaftaraannya dan seleksi akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juni sampai 30 Juni 2013, bagi peminat dapat langsung mendaftar lewat Pos, Online atau langsung datang PB Djarum Kudus.

Calon peserta bisa mendaftarkan diri melalui website PB Djarum atau mengisi formulir pendaftaran dengan dikirimkan lewat pos atau mealui email. Sehari sebelum audisi dilaksanakan peserta harus mendaftar ulang untuk bisa mendapatkan nomor peserta, kaos, kupon konsumsi, kupon diskon, tanda parkir kendaraan, bulletin PB Djarum dan ketentuan audisi.

Audisi ini akan dilakukan selama tiga hari mulai 6 Juli sampai 8 Juli 2012 untuk mencari bibit pemain berusia 12-15 tahun yang akan ditempa PB Djarum. Para calon pemain ini akan mendapat kesempatan berlatih di pusat bulutangkis Djarum di Kudus untuk menjadi pemain andal di tingkat nasional atau internasional.

Jumlah peminat audisi tahun ini meningkat daripada tahun lalu yang diikuti 700 sampai 900 peserta. Oleh karena itulah, panitia kemudian mengadakan audisi selama tiga hari penuh dengan para peserta diberi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan teknik dan fisik mereka di 12 lapangan bulu tangkis yang dimiliki GOR Djarum Djati.

Para peserta datang dari berbagai daerah diantar orangtua mereka, pelatih bahkan ada yang datang sendirian. Peserta berasal dari Jawa, Bali, NTT, NTB, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku sampai Papua. Mereka datang menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum darat, kapal laut dan transportasi udara.

Hastomo Arbi, koordinator pelatih PB Djarum mantan pemain nasional ini mengakui banyaknya peminat membuat tim pelatih dan pemandu bakat PB Djarum yang berjumlah 9 orang harus bekerja keras.

Menurut Hastomo yang pernah menjadi bintang pada final Piala Thomas 1984, pada tahap pertama mereka akan melihat kemampuan teknik dan fisik calon pemain. “Kami akan adu mereka, dan dari situ saja bisa kami lihat apakah dasar teknik dan fisik calon pemain tersebut sudah memenuhi syarat,” katanya.

Setelah selesai mengikuti tes tahap pertama, peserta akan mendapatkan sertifikat peserta audisi dari PB Djarum dan Video Tutorial Bulutangkis. Sambil menunggu pengumuman yang akan dilakukan setelah semua tes tahap pertama selesai, peserta akan dihibur Pee Wee Gaskins dan 7 Icons yang dipandu oleh Vincent Rompies dalam acara Ramah Tamah Audisi PB Djarum 2012 sambil menikmati hidangan malam.

Tahap pertama, kedua, dan ketiga, para calon pemain akan dinilai berdasarkan kemampuan mereka menghadapi lawan dalam pertandingan sesungguhnya. Di sini akan dilihat kemampuan teknik, fisik, penguasaan lapangan, strategi bertanding, dan kemampuan mengatasi masalah dalam menghadapi kesulitan di lapangan.

Bila lolos, peserta akan memasuki tahap 4 yang berupa badminton specific test untuk mengukur kelincahan, sinkronisasi gerak dan kecepatan.

Setelah itu calon pemain yang lolos akan masuk ke tahap karantina selama sepekan.  Selama sepekan ini para calon pemain akan menjalani tes psikologi, kedisiplinan, dan tabiat yang akan memengaruhi apakah mereka akan lolos sebagai penerima bea siswa bulu tangkis Djarum.

Hastomo mengatakan, sampai hari pertama tes berlangsung, belum terlihat adanya calon peserta yang menonjol. “Dibandingkan tahun lalu, masih lebih baik tahun lalu. Tapi ini kan masih berlangsung,” lanjut Hastomo.

Sementara itu, Pelatih Kepala PB Djarum, Fung Permadi, mengatakan, pihaknya tidak akan memaksakan untuk memilih calon pemain. “Kami tidak pernah menentukan jumlah yang pasti untuk tahun ini. Bisa lebih dari 12 seperti jumlah tahun lalu, bisa kurang, atau bisa tidak ada sama sekali,” kata Fung, yang juga mantan pemain nasional. “Bagi kami yang penting kami sudah menjalankan audisi untuk pemilihan calon pemain dan kami akan memilih yang benar-benar terbaik,” ungkap Fung.

Setiap calon pemain yang lolos akan menerima beasiswa berupa biaya pelatihan dan akomodasi selama setahun. Mereka juga mendapat perlengkapan bulu tangkis yang disediakan oleh produsen alat olahraga Flypower. “Beasiswa setiap siswa per tahun mencapai Rp 50 juta. Itu pun dengan kesempatan bertanding hanya satu kali dan di dalam negeri,” kata Fung.

Dan berikut ini adalah daftar peserta yang lolos dan berhak mendapatkan Beasiswa Bulutangkis PB Djarum tahun 2012.

 SELAMAT BERJUANG DAN BERPRESTASI !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar