DAFTAR KEJUARAAN BULUTANGKIS ANAK

21 Oktober 2011

Perlengkapan Bulutangkis Anak Usia Dini

Untuk melengkapi kegiatan anak dalam menggeluti olah raga bulutangkis, kita harus pintar-pintar memilih jenis perlengkapan yang sesuai dengan kondisi kita. Jangan terlalu memaksa terutama dalam segi keuangan, karena apabila kita tidak punya gambaran keinginan bisa terjebak dengan aneka macam dan merek perlengkapan bulutangkis. Yang paling utama adalah Raket, Senar dan Sepatu, kedua barang tersebut sangat banyak macam dan mereknya dengan harga yang sangat bervariasi. Memang tidak bisa dipungkiri apabila harga barang cenderung membawa kualitas, tetapi kita setidaknya sudah punya angan-angan mengenai barang yang akan kita beli. Bila belum mengetahui atau bingung untuk menentukan pilihan kita coba untuk bertanya kepada mereka yang bisa memberi saran dengan berbagai pertimbangan sesuai dengan kemampuan kita.

Untuk sepatu anak banyak yang menyarankan menggunakan merk Fly Power dengan alasan karena nyaman dipakai dan lumayan awet ( paling tidak untuk pemakaian 2 tahun ), tetapi bila sudah punya pilihan merek lain lebih baik dicoba saja karena yang bisa merasakan nyaman tidaknya adalah si pemakai.

Sedangkan untuk raket termasuk senar banyak pilihan merek yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan, disarankan untuk menggunakan raket dengan harga di kisaran menengah yaitu di bawah 500ribuan. Apabila si anak masih dalam taraf belajar lebih baik dicarikan raket dengan ring kepala berat, maksudnya untuk mengetahui kemampuan anak dalam belajar bulutangkis dan untuk mengetahui tipe permainannya. Apabila si anak memakai raket dengan tipe yang berat dengan senar tarikan kencang sekitar 26-27 dan bisa menggunakan dengan nyaman biasanya si anak punya tipe permainan menyerang ( Offfensif ) dan cenderung menggunakan power untuk melancarkan pukulan-pukulan smash. Tetapi bila si anak cenderung bertahan dengan sekali-kali melancarkan pukulan smash, bisa menggunakan raket dengan tipe dibawahnya yang bisa menambah kontrol anak dalam bertahan. Dan bila si anak cenderung punya tipe permainan bertahan atau defensif lebih baik menggunakan tipe raket yang di bawah lagi, yaitu jenis raket yang mengandalkan kontrol untuk bertahan.

Di tempat kami banyak yang menggunakan raket merek BABOLAT, sebenarnya tidak ada ketentuan merek yang harus digunakan, tetapi berdasarkan pengalaman dari pelatih kami yang telah merasakan berbagai jenis merek ternyata setelah mencoba raket merek BABOLAT, beliau merasakan kenyamanan yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Untuk perlengkapan penunjang lainnya terserah dari orang tua anak masing-masing untuk membelikan celana pendek, kaos kaki, kaos katun. Biasanya untuk klub bulutangkis anak pasti mempunyai kaos seragam khusus untuk klub, apabila si anak ikut klub bulutangkis tersebut.

Demikian sekilas wawasan mengenai perlengkapan yang dibutuhkan anak untuk bisa menyalurkan bakat dan hobi bulutangkisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar