DAFTAR KEJUARAAN BULUTANGKIS ANAK

Sekolah Bulutangkis

Bulutangkis Sebagai Hobi dan Prestasi

Tidak pernah terbayang dibenak kita sebelumnya ternyata anak kita sangat menyukai olah raga bulutatangkis. Karena pada awal mulanya adalah untuk mencarikan suatu kegiatan positif yang menyenangkan dan menyehatkan bagi anak dalam bidang olahraga dan membantu anak dalam menyalurkan bakat dan keinginannya.

MENGAPA HARUS BULUTANGKIS ATAU BADMINTON ? 

Sebenarnya kita tidak mengharuskan olah raga bulutangkis sebagai pilihan anak, tetapi kita sebagai orang tua pasti lebih tahu kemampuan dan bakat anak-anak kita. Banyak faktor yang menentukan seorang anak untuk memastikan pilihan pada jenis olah raga yang satu ini.

Beberapa faktor yang mempengaruhi anak dalam menentukan pilihan olah raga bulutangkis adalah sebagai berikut :
  1. Keluarga, bulutangkis seperti penyakit keturunan yang bisa menular kepada keturunannya. Pengaruh keluarga sangat penting dalam menentukan pilihan anak misalnya kegemaran bulutangkis yang dibawa oleh kakek/nenek atau orang tua. Peranan keluarga terutama orang tua sebagai pendorong anak sangat penting dalam menunjang keberhasilan.
  2. Lingkungan,  faktor ini sangat dominan dalam mempengaruhi pilihan anak untuk menyukai olah raga bulutangkis. Permainan bulutangkis atau badminton memang memacu kegairahan dan kegembiraan anak-anak. Kita dapat melihat anak-anak melakukan permainan ini hampir di setiap pelosok kampung di Indonesia. Apalagi kalau lingkungan sekitar membantu mendukung dan mempengaruhi anak untuk mengembangkan olah raga ini. Bahkan sekarang ini ada yang memasukkan bulutangkis sebagai pilihan kegiatan ekstra kurikuler di sekolah.
  3. Kemampuan Ekonomi,  walaupun bukan faktor penting tetapi untuk ukuran sekarang ini banyak yang menjadikan sebagai bahan pertimbangan terutama orangtua untuk membiayai keinginan anak. Karena peralatan yang dibutuhkan relatif mahal dan belum tentu semua orang tua mau membelikan anak untuk menunjang kemampuan dan bakatnya.
  4. Popularitas,  bulutangkis sekarang ini popularitasnya mulai turun atau kurang diminati oleh kalangan muda terutama anak-anak. Apalagi sekarang ini sangat jarang kejuaraan atau lomba yang diadakan terutama untuk kalangan anak-anak, bahkan induk dari organisasi olah raga bulutangkis sendiri sudah tidak jelas agenda kegiatannya. Ditambah lagi dengan dukungan dari pemerintah yang sangat kurang dan semakin langkanya partisipasi dari pihak lain yang peduli terhadap kelangsungan olah raga ini. Sekarang semakin jelas Indonesia semakin tertinggal perkembangan bulutangkisnya dibandingkan dengan negara lain apalagi persaingan sekarang semakin ketat. Bahkan negara yang dahulu kurang populer dalam olahraga bulutangkis sekarang semakin bermunculan seperti : Nigeria, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Kanada, Spanyol, Jerman, Polandia, Russia, Turkey dan banyak negara lain yang sebelumnya belum pernah diperhitungkan.
  5. Dan masih banyak faktor lainnya yang ikut mempengaruhi tetapi kurang begitu dominan.
 MANFAAT BULUTANGKIS ATAU BADMINTON

Banyak manfaat dari olah raga bulutangkis atau badminton terutama bagi anak-anak antara lain : memberikan anak-anak kesehatan dan sekaligus permainan yang menyenangkan, membantu kecepatan reflek dan reaksi, kemampuan menguasai lapangan, kejujuran, keuletan mental dan tubuh, daya tahan mental dan fisik serta kemampuan pengelolaan dan pengendalian tubuh yang diperoleh melalui latihan bulutangkis. Dalam latihan bersama dalam klub, kegiatan ini membantu mengembangkan kemampuan anak membangun hubungan sosial. Inilah yang kita harapkan diperoleh anak-anak pada masa pertumbuhan dan perkembangannya.

Disamping itu olah raga bulutangkis bisa juga membantu anak agar tidak terpengaruh dan bisa menghindari lingkungan yang kurang baik dan kegiatan yang kurang bermanfaat yang hanya membuang waktu. Apalagi kalau ditunjang dengan prestasi pasti akan bisa mengantarkan anak sebagai juara bulutangkis dan bisa menjadi seorang pemain bulutangkis yang handal.



Materi latihan yang diberikan kepada anak-anak didik meliputi : fisik, tehnik, dan strategi yang telah disesuaikan dengan umur anak. Ingat !!! Olahraga bulutangkis bukanlah olahraga instan atau sekali jadi, karena memerlukan waktu yang panjang untuk bisa menjadi pemain bulutangkis. Jadi sebaiknya mulai dikenalkan sejak usia dini dengan olahraga bulutangkis, sehingga seiring dengan perkembangan fisik, pola pikir dan usia anak serta rutinitas latihan akan membentuk kekuatan dalam olahraga permainan ini.












Ada beberapa methode latihan yang biasa diterapkan oleh Pelatih dalam mendidik anak agar gemar olahraga bulutangkis. Karena yang berlatih masih anak-anak jadi harus disesuaikan dengan kondisi fisik dan kemampuan anak dalam mengikuti latihan tersebut.Untuk anak pemula yaitu anak yang baru mengenal olahraga bulutangkis harus dilatih sesuai dengan kemampuannya.

Ada beberapa bentuk latihan yang harus dijalani atau tahapan dalam berlatih bagi anak-anak yang baru mengenal olahraga bulutangkis, antara lain :

1. Latihan Dasar atau Basic
Dalam olahraga beladiri kita mengenal istilah kuda-kuda, olahraga bulutangkis juga mempunyai gerakan dasar yang dapat membentuk pola permainan seorang anak karena latihan pada tahap ini bertujuan untuk melatih gerakan kaki dan tangan agar seirama, latihan ini harus dilakukan pada tahun pertama mulai berlatih bulutangkis.

2.  Latihan Skill
Pada tahun kedua adalah latihan ketrampilan mengayunkan raket sesuai arah datangnya bola dengan tujuan untuk memukul atau mengembalikan bola agar jatuh sesuai dengan yang dikehendaki. Latihan ini harus dilakukan secara intensif untuk menambah akurasi dan memperbanyak jenis pukulan sehingga dapat membentuk kemampuan anak.

3. Latihan Fisik
Bentuk latihan tambahan yang digunakan untuk menjaga kebugaran tubuh sehingga selalu siap setiap saat ketika berada di lapangan. Tahapan ini sebaiknya diberikan pada tahun ketiga dan bentuk latihannya harus sesuai dengan usia anak tersebut sehingga tidak melebihi batas kemampuannya.

4. Latihan Teknik dan Strategi
Latihan pada tahun keempat adalah memberikan latihan tambahan berupa beberapa gaya permainan dan cara belajar untuk menyusun suatu strategi agar dapat mengalahkan musuh sehingga dapat menjadi pemenang. Latihan ini harus rutin dilakukan karena dapat membantu anak agar mempunyai reaksi berpikir secara cepat ketika menghadapi kondisi sulit ketika berada di lapangan.

Apabila tahapan tersebut sudah dijalani berarti anak tersebut sudah siap untuk dilatih mental dengan memberikan kesempatan bertanding dalam suatu kejuaraan.

16 komentar:

  1. saya mau ikut... tapi dah SMK gmna..

    BalasHapus
  2. Jangan kuatir, ada 1 anak laki-laki dari SMA Gurah yang sudah bergabung selama 2 bulan dan masih belum bisa. Latihan bulutangkis dapat digunakan untuk menambah pengalaman dalam hidup anda daripada tidak mempunyai kegiatan yang bermanfaat. Karena anda dapat merasakannya kalau anda sudah menginjak dewasa dan berada dalam lingkungan yang menyukai kegiatan olahraga.

    BalasHapus
  3. kira" aku bisa masuk gk y soalnya umur aq udah 15

    BalasHapus
  4. kira" aku bisa masuk gk y soalnya umur aq udah 15

    BalasHapus
    Balasan
    1. 11 tahun adalah batas usia maximum untuk belajar menjadi pemain bulutangkis, ketika mencapai usia 15 tahun harus sudah siap untuk menjadi pemain bulutangkis dan siap untuk mengikuti berbagai kejuaraan. Dengan catatan harus berlatih lebih keras lagi untuk mengejar ketertinggalan dengan mereka yang sudah belajar mulai usia 7 - 9 tahun.

      Hapus
  5. brarti untuk usia 15 thun ke atas untk ikut di pb surya gk bsa??

    BalasHapus
  6. Bukan tidak boleh atau tidak bisa, karena usia 15 tahun sudah memasuki usia remaja dan kejuaraan di kategori usia tersebut pesertanya sudah siap tanding semua. Kalau anda bukan pindahan dari klub lain, tentu akan berat karena porsi latihannya harus ekstra keras untuk mengejar ketinggalan waktu. Kalau untuk olahraga rekreasi kami sarankan gabung dengan klub orang dewasa akan lebih mudah untuk menyesuaikan diri. OK. Salam Olahraga.

    BalasHapus
  7. Yang hobi BADMINTON, UD. ANGSA SHUTTLECOCK KEDIRI memproduksi Shuttlecock merk Angsa dan Mitra. kualitas bulu KW1/B1. Harga Angsa 58rb/slop dan Mitra 56rb/slop. Bisa kirim luar kota. kalau mau tanya - tanya dulu juga tidak apa - apa. 085853821000/PIN 7F8F1FFB (DADANG UD. ANGSA SHUTTLECOCK)

    BalasHapus
  8. pak sya juga sudah smk,,ingin gabung.,.,bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah terjawab komentar di bagian atas anda, terima kasih.

      Hapus
  9. Pak usia saya 15 thn boleh ikut kan?

    BalasHapus
  10. Pak usia saya 15 thn boleh ikut kan?

    BalasHapus
  11. anak saya usia 5 tahun.. waktu saya maen badminton, saya coba ajari cara megang raket sama gerakan kaki tyt bisa walaupun kdg kala anaknya sering semaunya sndiri.. mohon saran/masukanya untuk anak saya,tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarkan saja ikut kegiatan Bapak apabila lapangan sedang tidak dipakai gunakan dengan anak untuk latihan memukul bola dan kalau ada waktu senggang ajak anak untuk melihat latihan di klub. Idealnya usia 7-8 tahun untuk latihan di klub, atau untuk lebih jelasnya datang langsung di tempat latihan dan konsultasi dengan pelatih.

      Hapus
  12. Sebenarnya porsi latihan fisik yg benar untuk USIA 10-11 thn spt apa ya pak?

    BalasHapus
  13. Anak saya usia 10 th,berkeinginan jadi anngota,adakah jam latihan diatas jam 18.00 ato hr minggu saja?

    BalasHapus