DAFTAR KEJUARAAN BULUTANGKIS ANAK

21 November 2011

Pola Latihan Bulutangkis Untuk Anak Usia Dini

Kita harus bisa menyadari bahwa latihan bulutangkis pada anak usia dini jelas berbeda dengan anak kategori pemula, remaja dan dewasa, tetapi secara prinsip hampir sama polanya. Apabila ada pelatih yang bagus dan bisa kreatif dalam melatih tentu akan suka bila bisa melatih anak di usia dini karena bisa membentuk pola permainan anak.

Seperti bangunan yang mempunyai pondasi, dalam bulutangkis pola latihan juga punya peranan penting dalam membentuk anak apalagi si anak ikut latihan dengan pelatih yang sama selama bertahun-tahun dan itu merupakan pondasi anak dalam olah raga bulutangkis.

Nah, di sini adalah hal yang menarik untuk kita bahas yaitu kejelian pelatih. Pelatih punya peranan yang penting dalam suatu klub bulutangkis dan seorang pelatih harus punya kualifikasi sebagai seorang pelatih dan punya dedikasi terhadap olah raga bulutangkis. Bukan sekedar bisa bermain bulutangkis dan bisa menjadi juara bulutangkis lalu bisa melatih anak-anak. Karena seorang pelatih harus bisa membaca talenta atau bakat seorang anak, kalau hanya sekedar melatih dan tidak punya beban tanggung jawab moral pasti pelatih tersebut hanya berprofesi sebagai pelatih. Artinya pelatih tersebut memang ingin mencari penghasilan lewat olah raga bulutangkis dan yang dilatih bisa menjadi pemain bulutangkis adalah urusan nomor 2 yang penting bisa mendapatkan uang dengan memanfaatkan olah raga bulutangkis.

Ada beberapa pola latihan dasar bagi pemula yang harus diperhatikan untuk melatih anak usia dini :
1. Belajar memukul bola (Shuttlecock), latihan ini akan merangsang anak untuk berusaha sebisa mungkin untuk memukul bola. Apabila anak sudah mulai bersemangat maka akan timbul suatu kesenangan pada dirinya dan semakin lama dan sering dilakukan akan membentuk hobi bagi dirinya. Inti terpenting adalah bagaimana kita bisa menjadikan bulutangkis sebagai hobi.

3 komentar:

  1. Pembuka wawasan yang bagus untuk dapat menjadi pelatih yang berdedikasi. Salam olah raga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkenan singgah, mohon maaf tulisannya masih belum selesai masih banyak yang harus dibahas. Istilahnya masih mencari bahan dan inspirasi, kapan-kapan akan diteruskan lagi.

      Hapus
  2. nih gan ada artikel bagus http://mihape.blogspot.com/2016/02/latihan-fisik-bulu-tangkis.html

    BalasHapus